10 Langkah Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Efektif Agar Mudah Diterima

Ketika kita sedang menggali pekerjaan, pasti saja yang butuh buat saat melamar kerja ialah surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja adalahpoin urgen yang menilai apakah kita diterima kerja pada lokasi yang kita lamar atau tidak. Anda pasti harus mempromosikan diri kita secara benar tanpa butuh mengada-ada yang pasti saja menjadi nilai tambah untuk perusahaan yang bakal menerima kerja.
Anda pasti harus mencatat surat lamaran kerja tulis tangan dengan baik supaya kemungkinan diterima di perusahaan yang Anda mau semakin besar. Hal ini disebabkan begitu tidak sedikit orang yang membutuhkan pekerjaan tetapi lapangan kerja yang terdapat tidak memadai. Sehingga untuk menginjak perusahaan yang kita inginkan dapat saja menjadi susah sebab persaingan yang ketat.
Cara Menulis Surat Lamaran Kerja
Umumnya teknik menulis surat lamaran kerja untuk dikemukakan kemanapun sama saja isinya. Baik teknik membuat surat lamaran kerja online, teknik membuat surat lamaran kerja di bank, maupun teknik membuat surat lamaran kegiatan di perusahaan
Berikut ini langkah-langkah menciptakan surat lamaran kerja. Tuliskan poin-poin inilah secara berurutan.
1. Tempat dan tanggal penulisan surat.
2. Kepada Yth. nama orang beserta gelar dan jabatannya atau perusahaan yang dituju.
3. Alamat menyeluruh perusahaan pun tidak boleh dilewatkan.
4. Salam pembuka
5. Kata pengantar/pembukaan
Saat menyebutkan kata pendahuluan atau pendahuluan dalam surat lamaran kerja, cantumkan di mana Anda menemukan informasi tentang lowongan kerja yang dimulai pada perusahaan yang kita tuju. Baik dari surat kabar maupun internet, atau rekan Anda.
Sebutkan posisi jabatan kegiatan yang kita pilih andai dalam perusahaan itu membutuhkan tidak sedikit sekali karyawan baru.
6. Biodata pribadi
Tuliskan nama menyeluruh Anda, lokasi dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon atau nomor handphone, E-Mail, Pendidikan (tidak wajib)
Jika Anda hendak menulis latar belakang edukasi Anda, tulis saja latar belakang edukasi tertinggi Anda.
7. Pengalaman kerja dan keterampilan Anda
Jika sebelumnya kita pernah bekerja, tulisan kegiatan Anda sebelumnya. Jika belum pernah bekerja (fresh-graduate) tidak usah. Tulis pun kemampuan kita yang sekiranya diperlukan dalam perusahaan tersebut.
8. Penutup
Tulislah bahwa kita mempunyai kemauan besar supaya diterima di perusahaan tersebut. Jangan lupa menyampaikan Terima kasih.
9. Lampiran surat lamaran kerja
Agar perusahaan yang kita tuju semakin yakin guna menerima Anda, lampirkan pun hal-hal yang dapat meningkatkan nilai Anda. Hal yang usahakan terdapat sebagai lampiran merupakan:
• Pas potret (foto terbaru)
• Fotokopi KTP
• Kumpulan riwayat hidup
• Fotokopi ijazah terakhir
• Fotokopi sertifikat kompetensi (kursus atau pelatihan yang pernah kita ikuti)

 

 

 

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *