Memulai bisnis memang bukanlah urusan yang mudah, lagipula bagi anda yang sama sekali belum pernah berkecimpung dalam bisnis. Terlebih lagi, modal yang diperlukan saat membuka bisnis tidaklah sedikit. Bagi menyiasatinya, tidak sedikit orang yang memilih guna menjalankan bisnis secara duo atau berpartner. Namun, ada sejumlah risiko yang sering kali muncul, di antaranya sulitnya guna membagi keuntungan, mengerjakan pembagian kerja, dan di antara pihak sering kali disalahkan andai bisnis berada dalam masalah.

Membuka bisnis memang memerlukan modal yang tidak sedikit. Namun, tidak boleh jadikan dalil tersebut sebagai penghambat.  Tersedianya lembaga finansial seperti perbankan dapat dimanfaatkan. Membuka bisnis sendiri memang lebih disarankan. Pasalnya, kita dapat belajar lebih berdikari dan lebih peka terhadap kesempatan usaha yang terdapat di sekeliling kita. Di samping itu, kita pun tidak terbebani oleh perintah yang datang dari atasan. Bagi lebih jelasnya, berikut deviden yang dapat didapatkan dengan membuka bisnis sendiri.

1. Menjadi Bos

Membuka bisnis tidak lagi diberi batas oleh usia. Baik orangtua, karyawan, ataupun seorang mahasiswa dapat menjalankan bisnis sendiri. Di sini, anda jugalah yang beraksi sebagai bos. Tidak terdapat seorang juga yang berani mengajak ini dan itu, lagipula membentak kita sebab bos ialah posisi tertinggi dalam bisnis. Semua keputusan dan kendali terdapat di tangan kita. Tergantung bagaimana anda mengelola bisnis itu untuk menggapai kesuksesan atau bahkan merasakan kegagalan. Berbeda ketika kita menjadi seorang karyawan atau saat membina bisnis bareng partner. Kita tidak bisa beraksi sesuka hati sebab semua keputusan tidak mutlak terdapat di tangan kita.

2. Melatih Jiwa Entrepreneurship

Dengan membuka usaha sendiri, pasti saja skill atau keterampilan kita bakal terlatih secara otomatis dan terasah seiring berjalannya waktu. Jika bisnis yang dijalankan sukses, tidak memblokir kemungkinan besok Anda dapat menjadi seorang entrepreneur yang sukses, bahkan dapat diundang sebagai penceramah pada acara seminar nasional atau talkshow.

3. Melatih Kemandirian

Apa juga katanya, kita dapat menjadi individu yang lebih mandiri saat membuka usaha sendiri. Kita bukan lagi bergantung pada orang lain. Sukses atau tidaknya bisnis, sepenuhnya sedang di tangan kita. Di sini anda akan berjuang memproduksi produk yang mempunyai nilai jual dan dapat menarik perhatian masyarakat. Hal berikut yang bakal mendorong anda untuk tidak jarang kali mempunyai ide-ide kreatif dan senantiasa mengerjakan inovasi.

4. Membuka Lapangan Pekerjaan

franchise cafe ~ Agar bisnis dapat berjalan cocok dengan apa yang diharapkan, anda kerap kali memerlukan seorang karyawan. Entah tersebut karyawan unsur pemasaran, promosi, pengepakan, dan beda sebagainya. Pada awalnya, jumlah karyawan yang diperlukan memang sedikit, lagipula jika bisnis masih kecil. Namun apa jadinya andai bisnis sudah berkembang menjadi bisnis yang mempunyai cabang di mana-mana? Ini tandanya semakin tidak sedikit karyawan yang dibutuhkan, bukan? Kalau telah begini, Anda telah berjasa untuk meminimalisir angka pengangguran di negeri ini.

5. Semua Keuntungan Mutlak Menjadi Milik Kita

Pembagian deviden kerap kali dilaksanakan saat menjalankan bisnis dengan partner. Hal ini pun kerap kali mengundang konflik bilamana pembagiannya berat sebelah. Namun, urusan ini tidaklah terjadi untuk kita yang membuka bisnis sendiri. Berbisnis tunggal menciptakan kita dapat mendapatkan deviden yang lebih besar, terutama andai bisnis tersebut telah berskala besar.

6. Memiliki Banyak Waktu Bersama Keluarga

Family is number one. Ya, ucapan ini benar adanya. Tanpa keluarga, hidup ini tidak berarti apa-apa. Rutinitas di kantor menciptakan kita sering kali tidak mempunyai waktu guna berkumpul bareng keluarga tercinta. Inilah dalil mengapa anda terdorong guna membuka bisnis sendiri. Banyaknya waktu guna berkumpul bareng keluarga dapat menambah kebahagiaan dalam hidup kita. Apa dengan kata lain uang tanpa kebahagiaan. Benar, tidak? Itulah keuntungan-keuntungan yang dapat didapatkan ketika membuka bisnis sendiri. Tak bisa dimungkiri, membuka bisnis sendiri ataupun bareng partner mempunyai pro dan kontra masing-masing. Bagi itu, saya dan anda butuh siap siaga saat hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Intinya sedia payung sebelum hujan.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *