Penyakit kulit ada pelbagai dengan penyebab yang bervariasi pula. Ada penyakit kulit yang diakibatkan oleh reaksi alergi, terdapat pula yang terjadi sebab infeksi jamur sampai bakteri. Begitu juga dengan gejalanya, dari penyakit kulit yang ringan sampai berat. Oleh sebab itu, penting untuk Anda mengetahui pelbagai penyakit kulit beserta teknik mengatasinya, supaya Anda lebih waspada terhadap situasi ini. Kulit adalahorgan terbesar pada tubuh.

Fungsinya untuk mengayomi tubuh dari bakteri, virus, dan sinar matahari, menolong mengatur suhu tubuh, menikmati sensasi sentuhan dan nyeri, serta menghasilkan vitamin D.Sebagai unsur terluar tubuh yang menerima sekian banyak paparan dari lingkungan, kulit bisa dengan mudah merasakan gangguan atau penyakit. Penyakit kulit dapat hadir secara tak terduga, dan tidak sedikit orang memandang penyebabnya selalu sehubungan dengan kesucian tubuh yang buruk. Padahal, ada tidak sedikit faktor yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit kulit.

Cara MEngatasi/Mencegah Penyakit Kulit

Pengobatan macam-macam penyakit kulit tergantung pada jenis dan penyebabnya. Ada penyakit kulit yang dapat sembuh dengan sendirinya, dan ada pun yang mesti ditangani secara medis, mulai dari pemberian obat-obatan salep sampai operasi. Berikut ini ialah beberapa jenis penyembuhan yang sering dipakai untuk mengobati penyakit kulit:

1. Kortikosteroid

Obat ini dipakai untuk meminimalisir respon daya tahan tubuh yang terlampau aktif. Kortikosteroid salep atau tablet minum seringkali digunakan guna mengobati penyakit kulit dampak peradangan, laksana dermatitis atau gangguan autoimun.

2. Antihistamin

Antihistamin adalahobat yang dipakai untuk meredakan reaksi alergi dan gatal-gatal pada kulit. Obat ini bisa dibeli sendiri di apotek atau melewati resep dokter.

3. Antibiotik

Antibiotik salep diserahkan untuk menanggulangi penyakit kulit dampak infeksi bakteri. Pada infeksi yang luas, dokter akan menyerahkan antibiotik dalam format tablet atau kapsul yang diminum. Konsumsi antibiotik mesti menurut resep dokter dan mesti dihabiskan.

4. Obat antivirus

Pemberian obat antivirus bertujuan guna mengurangi fenomena dan memberantas virus penyebab penyakit kulit.

5. Obat antijamur

Obat antijamur untuk menanggulangi penyakit kulit dampak infeksi jamur banyak sekali berbentuk obat oles. Namun, terkadang dokter pun akan meresepkan obat antijamur guna diminum.

6. Operasi

Operasi dapat dilaksanakan untuk menanggulangi kanker kulit atau penyakit kulit lain, contohnya kutil. Di samping pengobatan, pencegahan pun perlu dilakukan, supaya penyakit kulit tidak kambuh dan tidak menular untuk orang lain. Berikut ini ialah beberapa tahapan pencegahan penyakit kulit yang dapat dilakukan:

• Jaga kesucian diri dengan mandi masing-masing hari. Saat mandi, dianjurkan menggunakan sabun yang berbahan lembut.
• Hindari kontak jasmani dengan penderita penyakit kulit menular.
•  Hindari berbagi pemakaian barang-barang pribadi, laksana handuk atau pakaian, dengan  penderita  penyakit kulit.
•  Oleskan pelempap kulit secara rutin supaya tidak kering, gatal, atau iritasi.
•  Hindari kelaziman menggaruk kulit dan memecahkan bisul atau lepuhan yang hadir pada kulit.
•  Hindari teknik merawat kulit wajah, termasuk teknik mencerahkan wajah, yang tidak cocok dengan      tipe kulit.

Macam-macam penyakit kulit memerlukan penanganan yang bertolak belakang sesuai dengan penyebabnya. Jika merasakan keluhan pada kulit, tidak boleh ragu guna berkonsultasi ke dokter spesialis kulit untuk mendapatkan pengecekan dan penanganan yang tepat. Untuk mencegah penularan penyakit kulit tersebut, anda bisa lansung konsultasikan bersama klinik Apollo di jamin aman dan terpercaya.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *