Izin Edar PKRT –  Sariawan bisa terjadi pada siapa saja, tak mengenal jenis kelamin maupun usia. Penyebabnya juga beragam, mulai dari infeksi, kelemahan vitamin atau mineral, tidak sengaja menggigit lidah atau unsur dalam pipi, stres, evolusi hormon, sampai alergi. Bagi menyembuhkannya, ayo simak keterangan dalam tulisan berikut.

Sariawan yang enteng umumnya tidak memerlukan pengobatan khusus, sebab dapat sembuh dengan sendirinya dalam masa-masa 1-2 minggu. Kalaupun memakai obat, urusan itu ditujukan guna mengurangi fenomena atau nyeri dampak sariawan. Jika tidak tahan berlama-lama merasakan sariawan, ada teknik yang dapat kamu kerjakan untuk menyembuhkan sariawan dengan cepat.

Menyembuhkan Sariawan dengan Cepat
Untuk meredakan nyeri dan mempercepat pengobatan sariawan, ada sejumlah bahan alami atau obat yang dapat digunakan, yaitu:

1. Daun saga dan akar manis
Daun saga dan akar manis (licorice) sudah lama diandalkan berkhasiat guna mengobati sariawan. Tanaman ini sering dipakai sebagai obat herbal sebab mempunyai efek antibakteri, antiradang, dan antioksidan. Berbagai efek tersebut menciptakan daun saga dapat mempercepat pengobatan luka dampak sariawan.

2. Daun sirih
Daun sirih tidak jarang dikonsumsi dengan teknik dikunyah. Tanaman yang umum digunakan dalam penyembuhan tradisional ini memiliki sejumlah khasiat, di antaranya ialah sebagai antioksidan, antiradang, dan antibakteri. Itulah sebabnya kenapa daun sirih dapat dipakai sebagai obat herba untuk mengawal kesehatan gigi dan mulut.

3. Madu
Berdasarkan keterangan dari sebuah penelitian, madu efektif dalam menangkal infeksi dan menolong penyembuhan luka, tergolong luka dampak sariawan. Bagi menyembuhkan sariawan, kamu dapat mengoleskan madu sejumlah 4 kali sehari. Disarankan guna memilih madu yang tidak dipanaskan dengan suhu tinggi (pasteurisasi).

4. Minyak kelapa
Di samping madu, anda juga dapat mengoleskan minyak kelapa pada sariawan. Minyak ini diandalkan dapat menyembuhkan dan menangkal penyebaran sariawan dampak infeksi bakteri, selain pun membantu meminimalisir kemerahan dan nyeri sariawan.

5. Es batu
Nyeri dampak sariawan sering membuatmu susah santap dan minum. Agar dapat mengunyah makanan atau minum air dengan lebih nyaman, kamu dapat mengemut es batu pada wilayah sekitar sariawan supaya nyerinya berkurang untuk sedangkan waktu.

6. Obat kumur chlorhexidine
Chlorhexidine dapat memberantas bakteri penyebab penyakit di mulut. Obat ini pun dapat mengobati perdarahan, pembengkakan, dan peradangan pada gusi. Obat ini pun sering dipakai untuk mengobati sariawan. Namun, efek samping chlorhexidine dapat membuat gigi dan lidah menjadi kecokelatan.

7. Obat oles
Obat oles yang berisi bahan aktif kortikosteroid, benzocaine, atau fluocinonide dapat meminimalisir rasa sakit dampak sariawan dan mempercepat penyembuhannya.

Namun butuh diingat, walau bahan-bahan alami di atas telah lama dipakai sebagai obat herbal guna sariawan, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut guna menilai efektivitas dan ketenteraman setiap bahan.

Mintalah saran dokter atau dokter gigi sebelum memakai obat-obatan apa juga untuk menanggulangi sariawan, khususnya bila anda memiliki situasi medis tertentu atau sedang mengonsumsi obat dari dokter.

Segeralah pergi ke dokter gigi andai sariawan yang anda alami tidak kunjung sembuh dalam masa-masa tiga minggu, berukuran besar, atau terasa paling perih walaupun telah minum obat pereda nyeri. Begitu juga andai sariawan disertai demam dan kendala untuk santap dan minum.

Dokter gigi akan mengerjakan pemeriksaan dan menyerahkan pengobatan yang tepat untuk menanggulangi sariawan, atau merujuk anda ke dokter spesialis bila ditemukan adanya penyakit beda yang mendasari timbulnya sariawan.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *