Banyak urusan yang buat orang hendak jadi TKI, laksana mencukupi keperluan keluarga, mengongkosi anak, kurangnya peluang kerja, dan beda sebagainya. Namun, tanpa dokumen dan kelengkapan TKI yang resmi paling bahaya bikin kamu. Kamu dapat rentan penipuan oknum agen dan dapat kerja di negara beda secara ilegal.
Supaya kamu dapat kerja di luar negeri secara legal dan aman dengan jalur pjtki resmi, segera lengkapi dokumen dan kelengkapan TKI serta formalitas yang mesti dijalani inilah ini.
Sebelum menyimpulkan jadi TKI
Pertama-tama, pikirkan dengan matang dalil kamu bekerja jadi TKI dan bandingkan deviden dan risiko bekerja di dalam dan luar negeri. Setelah itu, cari tahu dan pahami hak-hak dan kewajiban anda sebagai seorang TKI nanti. Pelajari pun proses migrasi dan bahaya yang dapat kamu hadapi.
Kalau anda punya rekan yang sedang atau pernah kerja jadi TKI, tidak terdapat salahnya cari-cari informasi dari mereka. Waspadai pun informasi kerja dari calo atau agen TKI yang mempunyai sifat penipuan.
Sebelum penempatan TKI
Sebelum berangkat ke luar negeri, anda harus ikuti sejumlah prosedur penempatan TKI di Indonesia. Biasanya calon TKI bakal direkrut oleh sponsor atau petugas lapangan yang lebih dikenal sebagai agen/calo/sponsor.
Kalau anda direkrut oleh sponsor, pastikan mereka punya surat tugas dari Perusahaan Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPPTKIS). Kamu dapat mendatangi kantor Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transportasi guna cari-cari informasi PPPTKIS yang baik dan terpercaya. Catat pun nomor-nomor urgen seperti kontak keluarga, KBRI atau KJRI, organisasi BMI di luar negeri, dan lain-lain.
Pastikan PPPTKIS memperlakukan anda dengan layak. Selalu waspadai firasat adanya penipuan, pemerasan, hingga pelecehan. Jika anda mengalami ketiga urusan tersebut, segera laporkan PPPTKIS ke dinas bersangkutan, organisasi, kepala desa, ketua RT/RW.
Dokumen dan Kelengkapan yang Harus Disiapkan Calon TKI
Berdasarkan undang-undang pemerintah nomor 39 mengenai PPTKLN Tahun 2004, dokumen dan kelengkapan yang mesti disiapkan guna jadi TKI ialah sebagai berikut:
Kartu Tanda Penduduk (KTP-foto copy);
Ijasah edukasi terahir;
Akte kelahiran atau surat penjelasan kenal lahir;
Surat penjelasan status perkawinan untuk yang sudah menikah melampirkan potret copy kitab nikah;
Surat penjelasan ijin suami/istri atau orang tua;
Surat penjelasan sehat menurut hasil pengecekan kesehatan dan psikologi;
Surat Rekomendasi dari Dinas Tenaga Kerja setempat;
Surat Perjanjian Penempatan TKI;
Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTKLN);
Sertifikat Lulus Uji Kompetensi (LUK);
Surat Perjanjian Kerja (Kontrak Kerja );
Paspor yang diterbitkan oleh kantor Imigrasi setempat;
Visa Kerja
Pastikan seluruh dokumen anda asli dan tidak terdapat pemalsuan data. Baca dan pahami isi kontrak kerja yang anda miliki. Sebisa mungkin, mohon semua dokumen anda setelah selesai penciptaan paspor supaya tidak terjadi penyalahgunaan dokumen oleh oknum tidak bertanggungjawab. Di samping itu, kamu pun akan menghindari paspor kamu dipungut oleh pihak PPPTKIS sebab dokumen pribumi hanya dibutuhkan saat penciptaan paspor.
Di samping dokumen dan kelengkapan TKI di atas, kamu pun akan bisa program asuransi TKI yang meliputi:
Asuransi TKI. PPPTKIS/PJTKI mesti memasukkan seluruh calon TKInya dalam program asuransi TKI sekitar masa sebelum penempatan, sekitar bekerja, dan setelah penempatan.
Kartu peserta asuransi atau KPA yang akan anda terima sebagai tanda bukti anda sudah mengekor asuransi.
Penerima santunan asuransi ialah ahli waris yang sah.
Kontrak kerja. Sebaiknya baca dulu dengan teliti kontrak kerja yang anda terima.
Minta duplikat atau fotokopi masing-masing surat dan dokumen yang anda tandatangani dari pegawai perusahaan.
Jangan biarkan PPPTKIS memalsukan identitas anda dan tidak boleh mau menandatangani kertas kosong atau artikel yang tidak anda pahami.
Keberangkatan ke Negara Tujuan
Sebelum berangkat, pastikan anda sudah tercatat di asuransi TKI. Transportasi yang dipakai sesuai standar ialah pesawat terbang. Jika anda harus menggunakan visa, visa berbentuk selembar kertas atau stempel eksklusif di dalam paspor. Jangan pernah inginkan menerima visa turis dari agen PPPTKIS, dengan kata lain kamu tidak bakal bekerja secara sah atau jadi agen TKI ilegal.
Untuk jaga-jaga, berikan semua duplikat atau fotokopi dokumen dan kelengkapan TKI anda seperti paspor, visa, kontrak kerja, dan beda sebagainya untuk keluarga di lokasi tinggal dan simpan di lokasi yang aman.
Untuk jadi TKI secara resmi, anda perlu punya perantara kerja antara anda dan perusahaan atau majikan di luar negeri yang terpercaya. Daftarkan diri jadi TKI secara sah dengan melamar lowongan-lowongan kerja di Malaysia lewat software ROB’S JOBS!ROB’S JOBS pun bekerja sama dengan BNP2TKI, badan perlindungan tenaga kerja Indonesia dari pemerintah Indonesia, sampai-sampai terpercaya dan anda akan punya perlindungan hukum dari pemerintah.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *