Wajar saja, pasalnya, bahan konstruksi satu ini lebih sering dipakai untuk bangunan komersial laksana gedung perkantoran, mall, atau hotel. Belakangan ini saja mulai tidak sedikit yang memanfaatkan material ini guna hunian mereka. Apa sih sebetulnya aluminium composite panel itu? Terbuat dari apa material tersebut? Apa kelebihannya dan bagaimana teknik mengaplikasikannya di hunian kita? Nah, untuk anda yang bertanya-tanya, berikut keterangan selengkapnya.

Mengenal aluminium composite panel

Aluminium composite panel (ACP) ialah bahan bangunan yang tercipta dari bahan non-alumunium berupa bahan polyethylene yang dilapisi lembaran aluminium di kedua sisinya. Seperti yang telah dilafalkan di atas, material ACP biasa dipakai untuk melapisi dinding eksterior atau interior bangunan komersial. Sebab, material ini dipercaya dapat menonjolkan kesan artistik dan mewah pada fasad bangunan. Namun sekarang ACP pun mulai tidak sedikit digunakan di rumah-rumah minimalis.

Jenis-jenis aluminium composite panel menurut lapisan cat-nya

Terdapat dua jenis ACP yang populer di pasaran. Berbeda jenis, bertolak belakang pula kegunaannya.

  • Jenis Polyester (PE) yang lebih tidak sedikit digunakan guna dinding interior. Pada dinding interior, ACP jenis polyester biasa diaplikasikan sebagai plafon artistik, partisi, atau penutup kolom.
  • Jenis PVDF (Poly Vinyl De Flouride) yang biasa dipakai di unsur eksterior. Biasa digabungkan dengan kaca, papan reklame, atau panel kanopi.

Keunggulan aluminium composite panel

Ada tidak sedikit keunggulan APC yang membuatnya tidak sedikit dipilih sebagai material konstruksi bangunan. Beberapa kelebihan di antaranya seperti:

1. Memiliki mutu ringan

Walaupun lembaran ACP lumayan kuat dan kaku, bobotnya dapat dibilang lumayan ringan, yakni sekitar 3,5 kg sampai 5,6 kg per m2. Lantaran bobotnya ringan, material ACP juga jadi gampang dipindahkan.

2. Daya tahan tinggi terhadap evolusi cuaca dan iklim

ACP tercipta dari aluminium yang mempunyai sifat tahan terhadap korosi, asam, garam, dan sinar ultraviolet. Sifat-sifat tersebut menciptakan ACP tahan lama, bahkan materialnya tak butuh diganti sampai berpuluh-puluh tahun kemudian.

3. Ramah lingkungan

Hampir 85% bahan dasar ACP tercipta dari aluminium yang didaur ulang. Maka dari itu, memakai ACP sebagai di antara material bahan bangunan ialah pilihan tepat sebab sifatnya yang ramah lingkungan.

4 .Banyak opsi warna dan pola yang dapat dipilih

Saat ini, ACP mempunyai lebih dari 30 opsi warna. Di samping itu, ada tidak sedikit pula pola yang serupa pola marmer dan kayu, sehingga gampang pula guna mengaplikasikannya pada sekian banyak konsep modern. Untuk mengetahui Harga ACP Surabaya Per Lembar, anda bisa langsung menghubungi nomor telpon yang sudah tertera di gambar atas.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *