honda banjarmasin Setelah dinanti lumayan lama, kesudahannya Honda CR-V melewati fase facelift. Ia tidak jarang kali jadi pilihan unik dalam seleksi SUV monokok. Di samping sangguh menampung tujuh penumpang, kepraktisan sebagai SUV pun tinggi. Pembagian strata model baru tidak berubah, masih dipisah atas tiga varian yaitu 2.0L, 1.5L Turbo, dan 1.5 L Turbo Prestige. Tidak ditemukan pun peningkatan potensi memacu. Unit 2.000 cc tetap sediakan output 155 PS/189 Nm sedangkan versi 1.500 cc turbo mampu gelontorkan 190 PS/240 Nm.

Kendati begitu, paling tidak beragam eksekusi yang lazim ditemukan dalam penyegaran model. Sebut saja revisi desain berikut peningkatan dan penambahan standar fitur. Dibarengi penambahan harga juga. Dari sebelumnya di rentang Rp 470 juta sampai Rp 545,5 juta, sekarang dibanderol Rp 489 – 577 juta. Jadi pertanyaan, apa saja keistimewaan di facelift kali ini?

Tampilan Fresh Makin Macho

Wajah baru CR-V tidak mengejutkan lagi sebab sudah tampak dari versi Thailand. Sama persis nyaris tidak dibedakan. Sekilas barangkali tidak terlampau tampak bertolak belakang lantaran masih dalam basis bodi yang sama. Namun kalau disaksikan lebih detail, penampilannya sekarang boleh dibilang semakin macho. Paling terasa saat melihatnya dari depan.

 

Rancangan bumper depan dibongkar total. Kesan tangguh sekarang semakin powerful terpancar berkat palang hitam tebal menghampar persis di bawah grille. Seolah pelindungnya sekarang lebih tebal. Elemen kromium kemudian diminimalisir. Palang grille digebyur cat hitam sampai-sampai menyisakan strip aksen tipis mengilap di atasnya. Namun, sisi sporty tidak kemudian ditinggalkan. Garis perak di lokasi apron seakan menyusun komposisi spoiler dagu.

 

Fokus diferensiasi bokong pun terpusat di bumper. Aksen silver dikurangi dan format reflektor merah disederhanakan. Di samping itu, sekarang ia mengangkat dual exhaust tip berbentuk trapezoidal. Desain eksterior kemudian disudahi penggantian model sepatu anyar bak kembang goyang. Berukuran 18 inci dibungkus ban 235/60R18.

 

Namun tidak saja penegasan rasa tangguh lewat bumper. Sensasi visualnya sekarang semakin canggih berkat permainan lampu anyar. Di depan, Honda sematkan strip sein sequential sampai-sampai terlihat makin canggih. Meramaikan unit pendar full LED dari headlamp sampai fog lamp. Set penerangan ikut diganti pada buritan, mengangkat jenis smoked lamp dengan mika bergaya gelap.

Standar Keselamatan Meningkat Drastis

Pesta facelift ikut dimeriahkan oleh penurunan fitur ke kasta lebih rendah. Salah satunya di sektor keselamatan. Kini penetapan standar lebih tinggi, kabar baik untuk calon pembeli trim bawah. Pasalnya, airbag enam titik bukan lagi spesifik tipe 1.5L Turbo Prestige. Diturunkan sebagai perlindungan bawaan model yang lebih murah. Sampai model 2.0L kini sudah kebagian enam kantung udara.

 

Untuk hal peranti keselamatan lainnya tidak butuh ditanya lagi. Pada versi kesatu di generasi kelima saja telah tergolong komprehensif. ABS+EBD+BA sajikan pengereman optimal dan terkendali. Di samping itu, manuver akan dipertahankan oleh Vehicle Stability Assist, Hill Start Assist, dan Brake Override System.

 

Hal paling unik dari penyegaran kali ini ialah penambahan asisten berkendara aktif Honda Sensing. Ditetapkan sebagai fitur spesial trim tertinggi Prestige. Banyak faedah otomatis disediakan guna meringankan beban pengemudi sekaligus meningkatkan keselamatan dalam perjalanan. Kurang lebih kemampuannya serupa seperti yang pernah diluncurkan oleh Accord.

 

Contoh kesatu ialah Collision Mitigation Braking System (CMBS). Komposisi radar, sensor, dan kamera memungkinkan mobil mendeteksi risiko sundul depan. Begitu terindikasi, CR-V akan menyerahkan peringatan visual di panel instrumen inilah peringatan suara terlebih dahulu. Baru saat respons pengemudi dinilai tidak cukup atau bahkan tidak ada, rem bakal diaplikasikan secara otomatis.

 

Bantuan keselamatan beda akan mengawal posisi mobil tetap berada dalam jalur. Sebut saja Lane Keeping Assist System (LKAS) dan Road Departure Mitigation (RDM). LKAS tolong kemudi untuk mengawal kendaraan tetap dalam satu jalur dan menyerahkan getaran bila terdeteksi terbit jalur. Di samping itu, RDM menyerahkan peringatan sampai melakukan perbuatan korektif secara otomatis ketika pengendara terbit jalur tanpa intensi. Menambah keselamatan pemakai jalan lain, Auto High-Beam (AHB) dapat menata high beam dan low beam tergantung kondisi jalan supaya tidak menyilaukan pengemudi lain.

 

Pun tidak saja menjaga keselamatan, Honda Sensing bisa meringankan beban perjalanan. Satu bentuknya ialah Adaptive Cruise Control (ACC). Selain mengawal laju konstan sebagaimana suatu cruise control, ia bisa secara otomatis meminimalisir kecepatan cocok kendaraan di hadapan. Fitur ini ditemani pula Low Speed Follow yang dapat mengerjakan stop and go otomatis cocok gerak kendaraan di hadapan.

 

Tapi mesti diingat, Honda Sensing bukanlah perangkat pengganti tugas mengemudi. Fungsinya ingin memberikan pertolongan sementara pengemudi mesti tetap berkendara dengan sarat kesadaran dan kewaspadaan.

 

Fitur Baru Semakin Pintar

Ragam fitur inovatif ditanamkan Honda ke CR-V. Dapat ditemukan pada model termahal. Misal keterampilan remote kunci yang semakin pintar. Kini ia dapat mengobarkan mesin mobil dan AC dari jarak jauh. Bermanfaat lagipula saat cuaca panas sampai-sampai kabin dapat dibuat sejuk sebelum perjalanan. Tak melulu itu, kita tidak bakal kelupaan mengunci pintu karena akan terlaksana dengan sendirinya saat alat kendali diangkut menjauh.

 

Otomatisasi lanjut disebar ke sekian banyak  komponen. Bukan melulu lampu, sekarang wiper bisa bekerja berdikari ketikan terjadi hujan. Akses pintu bagasi pun dapat beroperasi tanpa butuh menyentuh sakelar pembuka. Tinggal ayunkan kaki ke kolong, desakan elektris bakal mengusung pintu.

 

Revisi dalam kabin tak luput dari penyematan komponen anyar. Dalam aransemen dasbor yang tak berubah bisa ditemukan instrumentasi digital. Head unit pun disebut baru, mengangkat layar touchscreen 7 inci mengandung konektivitas smartphone, Bluetooth plus Wi-Fi. Meski layarnya lebih kecil, tata letak menjadi lebih apik dan terpusat karena kontrol AC ikut masuk di dalamnya. Dijamin meningkatkan kenyamanan pun berkat Active Noise Cancellation dan Speed Sensitive Volume Compensation.

 

Fitur trim bawah ikut disempurnakan. Kalau sebelumnya model 2.0L mengandalkan kunci konvensional, kini peranti tersebut telah dipindahkan ke pilihan smart key.

 

Membuatnya semakin memikat ialah kebebasan ketika pemakaian. Pelanggan bakal dibebaskan ongkos perawatan rutin berupa jasa plus suku cadang hingga 50 ribu km atau empat tahun. Ada pula penawaran Paket Hemat 2 yang menjamin ongkos perawatan berupa layanan dan jasa lebih tercapai dan bebas dari eskalasi harga sampai 8 tahun atau 100 ribu km. (Krm/Odi)

 

 

 

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *